Top Ad unit 728 أ— 90

Besok Terjadi Ekuinox di Indonesia, Benarkah Suhu Udara Jadi 40 Derajat?

Besok, 21 Maret 2016, Indonesia akan mengalami fenomena Equinox. Seperti apa fenomena ini dan benarkah isu yang beredar di media sosial bahwa akan terjadi peningkatan suhu hingga menjadi 40 derajat celcius?

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Dr. Yunus S Swarinoto menjelaskan, Equinox adalah salah satu fenomena astronomi saat matahari melintasi garis khatulistiwa. Equinox terjadi setahu dua kali yakni pada 21 Maret dan 23 September.






Pada 21 Maret dan 23 September, durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis di bagian utara maupun selatan.

Yunus membenarkan bahwa akan terjadi peningkatan suhu udara saat terjadi fenomena Equinox. Namun tak akan sampai mencapai 40 derajat celcius seperti isu hoax yang beredar. Equinox, lanjut Yunus, tidak sama dengan fenomena seperti Heat Wave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama.

Karena itu Yunus menghimbau masyarakat tidak khawatir.

"BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari Equinox sebagaimana disebutkan dalam isu berkembang," kata Yunus seperti dikutip Detik. [Siyasa/Bersamadakwah]



Besok Terjadi Ekuinox di Indonesia, Benarkah Suhu Udara Jadi 40 Derajat? Reviewed by Tarbawia on 10.54 Rating: 5

Tidak ada komentar:

© Bersamadakwah.net - BedaMedia Grup

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.