Top Ad unit 728 أ— 90

Menguak Penyebab Jatuhnya Heli TNI AD, Ini Kata Quran tentang Awan Cumulonimbus

Penyebab jatuhnya helikopter TNI Angkatan Darat di wilayah Poso pada Ahad (20/3/2016) lalu terus diselidiki. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menegaskan jatuhnya helikopter tersebut bukan karena serangan teroris.

BMKG mengatakan, pada saat jatuhnya helikopter yang menewaskan 13 orang itu cuaca cukup buruk, dengan adanya petir dan awan cumulonimbus.

Wikipedia menyebutkan, awan cumulonimbus adalah awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya. Awan ini terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer. Awan-awan ini dapat terbentuk sendiri, secara berkelompok, atau di sepanjang front dingin di garis squall. Awan ini menciptakan petir melalui jantung awan.

Kendati jenis awan yang paling ditakuti pilot ini baru diketahui di abad modern, ternyata Al Qur’an telah mengisyaratkannya berabad-abad sebelumnya.






Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُزْجِي سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهُ ثُمَّ يَجْعَلُهُ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ جِبَالٍ فِيهَا مِنْ بَرَدٍ فَيُصِيبُ بِهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَصْرِفُهُ عَنْ مَنْ يَشَاءُ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهِ يَذْهَبُ بِالْأَبْصَارِ

“Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.” (QS. An Nur : 43)

Ustadz Rofi’ Munawar dalam Kaleidoskop Dunia Islam 2014 di Masjid Namira Lamongan mengatakan bahwa ayat tersebut menjelaskan tentang awan cumulonimbus.

“Ketika saya membaca ayat ini, Subhanallah… inilah ayat yang menurut saya menjelaskan awan yang paling ditakuti oleh para pilot,” terangnya. [Ibnu K/Bersamadakwah]



Menguak Penyebab Jatuhnya Heli TNI AD, Ini Kata Quran tentang Awan Cumulonimbus Reviewed by Tarbawia on 18.53 Rating: 5

Tidak ada komentar:

© Bersamadakwah.net - BedaMedia Grup

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.