Top Ad unit 728 أ— 90

Masjid "Kapal Nuh" yang Dibangun Nahkoda Perang Trikora Ini Buat Aa Gym Takjub

Bangunannya seluas 90 meter persegi. Sepintas orang tidak menyangka bangunan berarsitektur kapal tersebut adalah masjid. Uniknya masjid itu dibangun dengan dana satu keluarga. 

Ketika melihat bagian atas, tampak bangunan seperti buritan,  tempat kapten kapal dengan kemudinya. Di kanan-kirinya dihiasi jendela.  Tak hanya itu, tangga menuju lantai dua dihiasi dengan bendera warna-warni dan berdiri pohon kurma di samping masjid.

Sekretaris DKM Masjid Al Baakhirah Budi Atmojo seperti dilansir Bandung Ekspres mengatakan bahwa pembangunan Masjid Al Baakhirah ini terinspirasi oleh  peristiwa Nabi Nuh  menyelamatkan umatnya yang taat saat bencana air bah.

Budi menceritakan bahwa pembangunan masjid didanai oleh keluarga almarhum Budianto, mantan nakhoda kapal laut  yang juga warga Kelurahan Baros Kecamatan Cimahi selatan. Ia bilang ketika almarhum masih hidup, memiliki cita-cita ingin membuat sebuah kenangan dan mengabadikannya untuk kepentingan warga sekitar.

”Cita-cita almarhum baru bisa diwujudkan setelah tiada. Isteri serta anak-anak almarhum mengeluarkan dananya untuk pembangunan masjid yang sudah diwakafkan kepada warga di sini,” sebutnya.

Almarhum Budianto ternyata merupakan orang pertama yang menakhodai Kapal Kerinci dari Jerman ke Indonesia. Ia juga pernah berjasa kepada bangsa ini dengan ikut dalam peperangan melawan penjajah saat peristiwa perang Trikora.

Uniknya seragam pengurus Masjid Al Baakhirah mirip pakaian awak kapal.

Dai kondang Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym, juga terkagum dengan bangunan masjid tersebut. 

"Sebuah masjid yang mirip dengan kapal laut. Ini membuat anak-anak senang ke masjid apalagi bapak-bapaknya," kata Aa Gym yang datang saat peresmian pada tanggal 10 Desember 2016 lalu, diresmikan di Jalan Bapak Ampi RT 02/06 Kelurahan Baros Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

"Ikut senang dengan peresmian masjid kapal laut. Menarik, ada nahkodanya. Masya Allah," kata Aa Gym. 

Masyarakat yang melihat pun ikut berkomentar, "MasyaAllah, keren banget, ini bisa jadi contoh yang cerdas, buat menarik smua kalangan muslim ke masjid dari anak-anak hingga sudah tua," kata Riki Oktriansyah.

Riski Sundari, "Iya betul ini di Cimahi.. alhamdulillah unik dan menarik. Selain nyaman beribadah, bisa berfoto juga hehe." [Paramuda/BersamaDakwah] 

Masjid "Kapal Nuh" yang Dibangun Nahkoda Perang Trikora Ini Buat Aa Gym Takjub Reviewed by Ganda Pahlawan on 13.36 Rating: 5

Tidak ada komentar:

© Bersamadakwah.net - BedaMedia Grup

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.