Top Ad unit 728 أ— 90

Mantan Presiden Iran Meninggal Dunia, 5 Negara Teluk Ini Ucapkan Belasungkawa


Akbar Hashemi Rafsanjani (AP)

Mantan Presiden Iran Akbar Hashemi Rafsanjani atau juga dikenal dengan Ali Akbar Hashemi Rafsanjani meninggal dunia pada Ahad, 8 Januari 2017 lalu karena serangan jantung. 

Setelah mendapatkan kabar tersebut, pada Senin, 9 Januari 2017, lima penguasa negara Teluk Arab menyampaikan ucapan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada Pemerintah Iran. Lima negara tersebut adalah Kesultanan Oman, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Kuwait.

Emir Kuwait, Syaikh Shabah Al-Ahmad Al-Jabir Al-Shabah mengirimkan surat kawat (telegram) belasungkawa kepada Presiden Iran Hassan Rouhani. Dalam surat itu, Syaikh Shabah mengucapkan belasungkawa yang mendalam dan simpati yang tulus atas kematian Rafsanjani.

Ucapan belasungakwa juga disampaikan oleh Emir Qatar, Syaikh Tamim bin Hamad Al-Tsani dan Presiden UAE, Syaikh Khalifah bin Zayid Al-Nahyan kepada Presiden Iran.


Tidak ketinggalan, Raja Bahrain, Hamad bin Isa Al-Khalifah, dan Sultan Oman, Sultan Qabus bin Said Al-Busa’idi pun menyampaikan belasungkawa mereka atas wafatnya Ketua Dewan Penentu Kebijaksanaan Negara, Ali Akbar Hashemi Rafsanjani.

Mantan Presiden Iran Hashemi Rafsanjani itu meninggal dalam usia 83 tahun di Teheran. Ia lahir pada 25 Agustus 1934 di Bahreman, Persia.

Rafsanjani pernah menjabat sebagai presiden Republik Iran yang mayoritas syiah itu selama dua periode berturut-turut, yakni dari 3 Agustus 1989 hingga 3 Agustus 1997

Kendaraan politiknya adalah Partai Asosiasi Ulama Pejuang. Selain pernah menjabat sebagai presiden, Rafsanjani juga terpilih sebagai Ketua Dewan Penentu Kebijaksanaan Negara Iran dan anggota Dewan Pakar Kepemimpinan di Iran.
 
Dalam sisi keagamaan, Rafsanjani menganut paham syiah itsnai asyariyah. Ia mempunyai 5 orang anak dari pernikahannya dengan Effat Marashi, yaitu Muhsin, Fathimah, Faizah, Mahdi dan Yasir. Demikian seperti diberitakan Ajel.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]
Mantan Presiden Iran Meninggal Dunia, 5 Negara Teluk Ini Ucapkan Belasungkawa Reviewed by Abu Syafiq on 17.27 Rating: 5

Tidak ada komentar:

© Bersamadakwah.net - BedaMedia Grup

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.