Deddy Mizwar Bicara "Tungku Ajaib" dan Teknologi Tepat Guna

- Agustus 25, 2017
Deddy Mizwar
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) mengharapkan, seluruh produk inovasi yang dipamerkan pada Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Ke-VII di Majalengka hasil karya inovator Jabar, agar disebarluaskan melalui berbagai media ke masyarakat luas. Hal ini agar masyarakat di daerah mengetahui produk-produk TTG dan membantu karya inovatif mereka untuk mendapatkan hak atas kekayaan intelektual dari pemerintah sehingga tidak diklaim oleh pihak lain.

"Kita juga harus fasilitasi bagi inovasi TTG yang masih berupa prototipe untuk dikembangkan menuju skala produksi massal agar dimanfaatkan masyarakat luas," kata Demiz usai membuka Gelar Teknologi Tepat Guna tingkat Jabar Ke-VII di lapangan Gelanggang Generasi Muda, Majalengka, Kamis (24/08/2017). 

Dalam gelar TTG tersebut dipamerkan 50 produk karya inovator Jabar dari 27 Kota dan Kabupaten se-Jabar. Seperti "Tungku Ajaib" berupa alat pemusnah sampah, Mesin ATM Beras, Absensi Sepatu, e-waste atau limbah elektronik,  Alat Tenun Bambu Semi Manual dan masih banyak lagi produk-produk unggulan lainnya yang berdaya jual tinggi.

Demiz mengatakan, teknologi tepat guna haruslah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tidak merusak lingkungan, menjawab permasalahan masyarakat dan menghasilkan nilai tambah dari segi ekonomi. Tujuannya untuk mempercepat pemulihan ekonomi, memperluas lapangan kerja dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif masyarakat.

"Sehingga dampak ekonominya dirasakan masyarakat karena investasi meningkat dan lapangan kerja menjadi luas," ujarnya.

Produk-produk dari TTG inipun mampu mendorong terwujudnya masyarakat Jabar yang lebih berdaya saing, produktif, maju, mandiri dan sejahtera.

Selain itu, Produk inovasi melalui sentuhan teknologi tepat guna menurut Demiz, proses produksi akan lebih efisien, hemat biaya dan tanaga.

"Disaat yang sama akan menghasilkan produk berkualitas dengan harga ekonomis sehingga berdaya jual tinggi dan memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi si pelaku usaha," tuturnya.

Para pemenang dari gelaran TTG Ke-VII ini nantinya akan mewakili Jawa Barat ke pentas TTG Nasional pada bulan September 2017 mendatang di Kota Palu.

"Saya harap karya inovasi yang mewakili Jabar terpilih menjadi yang terbaik di tingkat nasional," ucap Demiz. [Paramuda/BersamaDakwah]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search