Top Ad unit 728 أ— 90

Sandiaga ke Aa Gym: Gimana Caranya Supaya Warga Jakarta Rukun A'?

DT Jakarta
“Ada dua yang masyarakat Jakarta ini bisa belajar dari Aa. Pertama, bagaimana masyarakat Jakarta itu bisa cinta kebersihan,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Masjid Istiqlal, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (10/12).


Wagub yang sedang menghadiri Kajian Tauhid Bulanan yang digelar Daarut Tauhid di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat itu, meminta tips dari pimpinan Daarut Tauhid, Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym.

Ia mengaku terkesan dengan Pondok Pesantren Daarut Tauhid dan santri-santrinya. Ia pun ingin belajar bagaimana Aa Gym dapat membudayakan budaya kebersihan kepada santri-santrinya.

“Itu rapi semuanya. Terus waktu kegiatan-kegiatan di sini pasukannya Aa sama pasukan oranye-nya DKI saling bahu membahu,” ujarnya seperti dilansir DT Jakarta.

Saat ini jumlah masyarakat kelas menengah terus berkembang. Sayangnya, kata dia, ini belum disertai dengan perubahan perilaku, terutama dalam menjaga kebersihan.

“Saya ingin sebetulnya ada gerakan nih. Karena kelas menengah ini meningkat terus pendapatannya tapi yang belum berubah ini perilakunya. Rajin sholat rajin ikut maulidan tapi masih membuang sampah sembarangan. Kalau ada selokan buang sampahnya di situ,” tutur Sandi.


Ia meminta tips untuk menjaga persatuan masyarakat Jakarta. Paska Pilkada DKI 2017, kata Sandi, terjadi polarisasi di tengah masyarakat, terutama karena adanya hoax yang menyebar di kalangan masyarakat.

“Saya minta nasihat dari Aa Gym buat warga Jakarta gimana caranya supaya rukun, akur gitu lho,” katanya.

Mendengar permintaan Sandiaga tersebut, Aa Gym pun berbagi beberapa tips dalam menjaga kebersihan dan persatuan. Pertama, ia memperkenalkan kembali prinsip 3M dalam melakukan perubahan.

“Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, dan mulai saat ini juga,” kata Aa.

Tips kedua yang dibagikan ialah TSP, yaitu tahan dari buang sampah sembarangan, simpan sampah pada tempatnya, dan pungut sampah adalah sedekah.

“Kalau 1000 santri tahan satu sampah, 1000 sampah tertahan. Kalau 1000 santri memungut satu sampah, berarti 1000 sampah bersih,” kata Aa Gym.

Aa Gym juga membagikan prinsip menjaga kebersihan yang disingkat dengan “bebaskomiba”. Singkatan dari lima prinsip utama, yaitu berantakan rapikan, basah keringkan, kotor bersihkan, miring luruskan, dan bahaya amankan.

“Terakhir, prinsip BRRT, dari bersih, rapi, tertib, dan teratur,” ujarnya.

Dalam menjaga persatuan, Aa Gym membagikan prinsip 3 semangat. Pertama, semangat bersaudara.

“Artinya, para jamaah diajak untuk menanamkan pemahaman bahwa semua elemen masyarakat adalah saudara. Satu sama lain bukanlah musuh, sehingga tidak perlu saling menghancurkan,” tuturnya.

Kedua, semangat solusi. Setiap masyarakat ditantang untuk memberikan solusi atas permasalahan yang ada di sekitarnya.

“Ketiga, semangat sukses bersama. Artinya, sesama masyarakat tidak boleh saling menginjak untuk mencapai kesuksesan,” kata Aa.


Sandiaga ke Aa Gym: Gimana Caranya Supaya Warga Jakarta Rukun A'? Reviewed by Ganda Pahlawan on 12.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

© Bersamadakwah.net - BedaMedia Grup

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.