Subhanallah, Jamaah Sholat Gerhana Masjid UI Membludak Seperti Tarawih Ramadhan

- Januari 31, 2018
Suasan masjid UI saat sholat gerhana bulan


Vebry membiarkan anaknya yang berusia satu tahunan itu berlarian di serambi masjid Ukhuwah Islamiyah, Universitas Indonesia (UI) Depok.



"Datang sejak Maghrib," kata dia ketika ditanya, Rabu (31/1/2018).

Pria yang berprofesi guru itu bersama Putri, istrinya, sengaja datang dari Jakarta Selatan untuk sholat gerhana berjamaah.

"Sengaja bawa anak untuk mengedukasi tentang gerhana salah satunya melalui sholat gerhana," ungkapnya.

Bidang Takmir dan Dakwah Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok memang menyelenggarakan sholat gerhana berjamaah. Jamaahnya membludak serupa sholat tarawih di bulan Ramadhan.

"Saya melihat seperti pemandangan tarawih Ramadhan. Semoga kita dimampukan hingga Ramadhan yang lima bulan lagi akan hadir," kata panitia Egi Mahira menjelang sholat gerhana.



Pantauan BersamaDakwah, masjid memang penuh. Jamaah perempuan diminta untuk naik ke lantai dua.

Usai sholat yang diimami Syamsuri Firdaus, mahasiswa FIB UI yang juara MTQ Internasional itu, sang khatib Abdurrahman Mochtar memaparkan tentang gerhana secara saintifik dan agama.

Tuntunan Rasulullah SAW mengajarkan:
"Sesungguhnya matahari dan bulan itu dua tanda dari banyak tanda kebesaran dan kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana matahari dan bulan bukan karena hidup atau matinya seseorang. Karena itu, apabila kalian melihatnya, berdoalah kepada Allah. Bertakbirlah, laksanakanlah sholat gerhana dan bersedekahlah.” (HR. Muttafaq alaih)




Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search