Alasan "Ajaib" Dedi Mulyadi Kenapa Pohon Disarungi

- Maret 14, 2018
Purwakarta
Di Purwakarta ditemukan banyak sekali pohon-pohon yang dililit dengan kain, mengapa? Pertanyaan itu disampaikan calon wakil gubernur Jawa Barat Nomor Urut 3 Akhmad Syaikhu ditujukan kepada calon wakil gubernur Jawa Barat Nomor Urut 4 Dedi Mulyadi.

Pasangan Deddy Mizwar itu menjawab, "Pohon yang dikasih kain maka tidak akan ada yang memberikan paku. Lebih mulia pohon dikasih kain dibanding pohon dipasang paku dipasangin iklan "sedot tinja"," katanya dalam acara Debat Pilgub Jawa Barat bersama Rossy, di Jakarta, Senin (12/3/2018) malam.

Ilmu lingkungan mengajarkan, kata dia, itu merupakan proses perlindungan dan memuliakan. Pohon memberikan energi bagi lingkungan, memberikan air dalam penyerapan tanahnya. Kemudian menghasilkan oksigen di atasnya.

"Maka, menyarungi pohon merupakan bagian dari kebudayaan memuliakan pohon dan derajatnya lebih tinggi dibanding dengan orang yang kerjaannya nebang pohon di mana-mana," ungkapnya.

Konsepsi itu, kata dia, merupakan bagian dari strategi. Itu adalah ajaran dari sistem kebudayaan kita. Di kebudayaan kita, lanjutnya, kalau petenya pengin berbuah, maka diikatlah dengan tali yang terbuat dari bambu.

"Pohon dikasih kain lebih utama dibanding pohon yang ditebang hanya untuk kepentingan ekonomi," kata dia. [BersamaDakwah]

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search