Top Ad unit 728 أ— 90

Resmi, AS Pindahkan Kedubes ke Yerusalem




Akhirnya secara resmi Amerika Serikat
memindahkan Kedutaan Besar mereka untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. 



Pemindahan Kedubes ini bukti Donald Trump tak peduli pada penentangan dunia atas keputusan beringasnya tersebut.
Pemindahan Kedubes resmi dilakukan pada Senin sore waktu Yerusalem (14/5). 

Beberapa pejabat tinggi Amerika Serikat hadir dalam peresmian tersebut, termasuk putri dan menantu Donald Trump, Ivanka dan Jared Kushner.



Pemindahan ini dilakukan secara simbolis. Kantor Kedubes AS di distrik Arnona, sebelah selatan Yerusalem, sebenarnya adalah kantor Konsulat AS. Untuk pengurusan visa dan paspor masih akan dilakukan di Kedubes AS Tel Aviv yang kini beralih nama menjadi Konsulat AS.

Di Kedubes AS yang berlokasi di Yerusalem hanya akan ada Dubes AS untuk Israel David Friedman dan beberapa staf kecil. Friedman akan bertugas berpindah-pindah antara Tel Aviv dan Yerusalem.

Pembukaan Kedutaan Israel di Yerusalem juga dilakukan secara simbolis oleh Friedman dan disaksikan langsung oleh PM Netanyahu, Mnuchin, Ivanka dan Kushner.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan wakil Menteri Luar Negeri John Sullivan juga hadir dalam acara itu. Donald Trump tidak hadir dalam acara itu dan menyampaikan pidatonya melalui video.

Dengan pemindahan ini, berarti AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Padahal sejak 70 tahun lalu, konsensus internasional menyatakan Yerusalem adalah wilayah internasional tidak bertuan yang saat ini diduduki secara ilegal oleh Israel.

Keputusan Trump ini juga menuai penolakan dari mayoritas negara anggota PBB. Pada voting Majelis Umum Februari lalu 128 negara mendukung resolusi yang menentang keputusan Trump karena dianggap melanggar kesepakatan internasional. Hanya 9 negara yang menolaknya, termasuk AS dan Israel, sisanya negara-negara kecil penerima bantuan AS.

Di Indonesia beberapa hari lalu dilakukan aksi bela Palestina dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sendiri sudah mengirimkan surat protes ke Kedubes AS di Indonesia. 




Resmi, AS Pindahkan Kedubes ke Yerusalem Reviewed by Ganda Pahlawan on 22.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

© Bersamadakwah.net - BedaMedia Grup

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.