Top Ad unit 728 أ— 90

Malam Ini Akan Terjadi Gerhana Bulan, Inilah Hadits Soal Gerhana

Tempo.co
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadinya gerhana bulan malam ini, Senin (7/8/2017). Fenomena yang cukup langka itu dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia mulai dari Barat hingga Timur.

Fenomena gerhana bulan dijelaskan dalam sebuah hadits hadits berikut ini. Rasulullah SAW bersabda :

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا حَتَّى يَنْجَلِيَ

Sesungguhnya matahari dan bulan adalah sebuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT. Keduanya tidak menjadi gerhana disebabkan kematian seseorang atau kelahirannya. Bila kalian mendapati gerhana, maka lakukanlah shalat dan berdoalah hingga selesai fenomena itu. (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad)

Selain itu juga ada hadits lainnya :

لَمَّا كَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُول اللَّهِ  نُودِيَ : إِنَّ الصَّلاَةَ جَامِعَةٌ

Ketika matahari mengalami gerhana di zaman Rasulullah SAW, orang-orang dipanggil shalat dengan lafaz : As-shalatu jamiah". (HR. Bukhari).

Shalat gerhana disyariatkan kepada muslim, baik dalam keadaan muqim di negerinya atau dalam keadaan safar, baik untuk laki-laki atau untuk perempuan. Diperintahkan pula kepada orang-orang yang wajib melakukan shalat Jumat. [Paramuda/BersamaDakwah]
Malam Ini Akan Terjadi Gerhana Bulan, Inilah Hadits Soal Gerhana Reviewed by Ganda Pahlawan on 10.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

© Bersamadakwah.net - BedaMedia Grup

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.