Israel dan AS Akan Bangun Terowongan Tandingan

- Maret 17, 2016
Tentara Israel di terowongan Hamas (analisadaily.com)
Terowongan Hamas masih menjadi momok bagi Zionis Israel meskipun program penghancuran terowongan sudah diluncurkan dua tahun lebih. Nyatanya, terowongan-terowongan dari Gaza terus bermunculan.

Misalnya pada Januari lalu. Militer Israel terkejut menemukan terowongan Hamas sudah tembus di wilayah Israel. Mereka takut jika tiba-tiba terowongan itu digunakan menyerang Israel.






Dalam rangka mengatasi terowongan itu, Israel bekerja sama dengan Amerika Serikat akan membangun terowongan tandingan. Terowongan yang akan didanai 40 juta dolar per tahun dari AS itu ditujukan untuk melongsorkan terowongan-terowongan buatan Hamas.

Selain itu, terowongan akan didesain menjadi “kubah baja bawah tanah” yang memungkinkan meluncurkan roket sebagaimana “kubah baja” yang telah ada di darat.

Menurut koran Israel to Day, jaringan terowongan akan dibangun Israel-AS di sepanjang perbatasan Gaza dibekali dengan perangkat sonar berteknologi canggih untuk menangkap sinyal dan gelombang di bawah tanah sehingga bisa mendeteksi titik terowongan yang digali oleh Hamas. [Ibnu K/Bersamadakwah]



Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search