Ini Profil Saud Anwar, Dokter Muslim Pahlawan Virus Corona Amerika Serikat

- April 17, 2020
dokter saud anwar

Dr Saud Anwar terharu. Warga South Windsor, Amerika Serikat, berparade mobil di depan rumahnya. Mereka membunyikan klakson dan menunjukkan poster ucapan terima kasih.

“Terima kasih untuk kepahlawanan Anda,” demikian bunyi poster itu.
“Kepahlawanan Anda menginspirasi kami,” bunyi poster lainnya.

Parade warga South Windsor itu merupakan bentuk apresiasi kepada dr Saud Anwar yang dinilai sebagai pahlawan di masa pandemi corona yang melumpuhkan sebagian Amerika. Penemuan Saud berupa ventilator yang dapat diatur untuk membantu tujuh pasien sekaligus, dinilai sangat berarti untuk menyelamatkan nyawa para pasien.

Profil Dokter Saud Anwar


Dokter Saud Anwar merupakan imigran dari Pakistan. Ia kelahiran Karachi. Setelah lulus dari kedokteran di Pakistan, Saud Anwar memperdalam ilmunya di di Universitasa Illionis, Amerika Serikat.

Selain kuliah kedokteran di Illionis, ia juga mengenyam pendidikan kesehatan masyarakat di Universitas Yale, Connecticut.

Dokter adalah cita-citanya. Dan cita-cita itu tercapai. Saud Anwar menjadi dokter spesialis penyakit paru-paru dan pengobatan perawatan kritis. Ia kini menjabat sebagai Ketua Departemen Penyakit Dalam Rumah Sakit Manchester Memorial dan Rumah Sakit Umum Rockville.

Kecintaannya dalam dunia kedokteran ternyata turut mewarnai pernikahannya. Saud menikah dengan Yusra Anis-Anwar, dokter spesialis Hipertensi dan Penyakit Vaskular dan Penyakit Dalam. Dari pernikahan mereka lahir dua putra Taha dan Taseen.

Di RS Manchester Memorial, South Windsor, Saud berada di garis depan perawatan pasien Covid-19. Setiap hari dia merawat dan berupaya menyembuhkan orang-orang yang terinfeksi virus corona. Ia juga aktif mengampanyekan pencegahan kepada warga kota itu.

Kepakarannya di bidang kedokteran membuat dia kerap diundang untuk berbicara di forum nasional dan internasional, termasuk berbagai televisi.

Saud memiliki dedikasi tinggi di bidang kemanusiaan. Ia pun meraih berbagai penghargaan nasional hingga internasional. Saud sering diundang pemerintah untuk berkonsultasi mengenai penanganan medis saat bencana.

Saud pernah menjadi bagian dari misi perdamaian ke Timur Tengah dan Asia Selatan. Dia juga bagian dari misi medis AS saat membantu korban gempa bumi dahsyat di Haiti.

Walikota Muslim Pertama di AS


Selain dokter, Saud juga seorang politisi. Ia terpilih menjadi Wali Kota South Windsor periode 2013-2015. Saud menjadi muslim pertama yang menjabat wali kota (mayor) di Amerika Serikat. Setelah masa jabatannya habis, Saud juga masih mengabdikan dirinya di jalur politik. Ia kini menjabat sebagai Senator dari South Windsor.

Ventilator Temuan Saud Anwar


Penemuan Saud selama masa pandemi covid-19 adalah alat bantu pernapasan (ventilator). Bersama Marvin Bristol, ia berhasil membuat ventilator yang dapat digunakan untuk tujuh pasien sekaligus. Inovasi ini didasari kekhawatiran akan semakin banyaknya pasien positif corona.

Sebenarnya alat ini pertama kali dibuat pada 2006 dan belum diuji pada manusia. Di masa pandemi covid-19 ketika korban terus berjatuhan dan terjadi krisis ventilator, alat ini akhirnya digunakan di RS Memorial Manchester. []
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search