Jelang Puasa, Grandong ini Ditangkap di Depan KBS

- Juni 03, 2016
Cara berbeda dilakukan oleh Yatim Mandiri dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Lembaga Amil Zakat Nasional yang fokus pada upaya pemberdayaan anak yatim dhuafa ini memilih menggelar aksi menangkap setan.  Aksi bertajuk ‘Borgol Setanmu, Penjarakan Nafsumu’ digelar di perempatan depan Kebun Binatang Surabaya, Jumat (3/6/2016), pukul 07.00 – 08.30.
Grandong ditangkap jelang puasa

Uniknya, aksi ini melibatkan 8 orang  yang berkostum ala setan. Ada grandong hitam legam bertanduk, ada pula pocong. Meski demikian, dandanannya tidak menakutkan, tapi malah lucu. Tangan 4 setan diborgol dengan rantai. Setan lainnya dipenjara dalam kurungan ayam besar.

 Sepanjang aksi, 6 setan ini tampak menderita. Mereka berteriak kepanasan, karena mendengar bacaan ayat suci Al Qur’an. Ketika lampu merah menyala, setan dalam kurungan tadi mengambil posisi di area penyebarangan (zebra cross). Sementara peserta aksi yang lain, membawa poster dan menyebarkan brosur ajakan memuliakan bulan suci dan program Yatim Mandiri.






Tentu saja aksi yang digelar di tengah keramaian jalanan ini menarik perhatian penggunan jalan. Sepertinya mereka penasaran. Tapi begitu melihat poster dan brosur yang disebar, baru mengerti ini adalah kegiatan menyambut bulan suci.

Menurut Imam Fakhrudin, Kepala Kantor Layanan Yatim Mandiri Surabaya, kegiatan ini memang sengaja digelar untuk mengingatkan masyarakat akan datangnya bulan suci Ramadhan. “Kami ingin 
masyarakat menyambut Ramadhan dengan suka cita. Persiapan harus segera dilakukan. Dan yang penting, Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk mendidik diri agar lebih bisa menahan hawa nafsu dan melipatgandakan amal kebaikan,” jelasnya.
Aksi Teatrikal Penangkapan grandong

Tak lupa, Imam Fakhrudin juga mengajak masyarakat untuk berbagi kebahagiaan Ramadhan. “Saatnya kita tidak menikmati kegembiraan sendiri. Masih banyak saudara kita yang perlu perhatian, terutama anak-anak yatim. Ramadhan adalah waktu yang tepat berbuat sesuatu untuk sesama”, kata pimpinan kantor yang beralamat di sekitar Jambangan dan Bendul Mrisi ini. 




Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search