Mereka yang Alami Puasa Ramadhan Berjam-jam di Tahun 2017

- Mei 17, 2017
The Guardian

Bulan suci Ramadhan tinggal hitungan hari lagi. Umat Islam di seluruh dunia selama bulan ini menjalankan ibadah puasa, satu bulan penuh. Dimulai dari sebelum matahari terbit hingga saat matahari terbenam.

Ramadhan telah bergerak ke bulan-bulan musim panas di belahan bumi utara, menjadikan beberapa negara di sana diterpa panas terik lebih panjang. Dan ini terjadi selama beberapa tahun terakhir.


Di belahan bumi bagian selatan, Ramadhan jatuh pada hari-hari di musim dingin. Lalu berapa jam umat Islam di berbagai penjuru dunia menjalankan puasa?

Bagi yang tinggal di negara-negara di kawasan benua Asia, umat Islam berpuasa sekitar 14-16 jam. Lalu mereka yang bermukim di kawasan benua Australia berpuasa selama 11 jam.

Di kawasan benua Afrika, seperti dilansir kantor berita Antara, muslim berpuasa sekitar 11-14 jam, lalu 10-17 jam di kawasan benua Amerika.

Sementara umat Islam di kawasan benua Eropa tampaknya relatif merasakan waktu berpuasa lebih lama bandingkan masyarakat di benua lain yakni 17-20 jam.

Rekor terlama dipegang Greenland di belahan bumi bagian utara, dengan masa berpuasa selama 21 jam. [Paramuda/BersamaDakwah]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search