Cerita Arie "Alif Lam Mim" Ketemu Kaligrafi Mirip Garuda Pancasila

- Juni 08, 2017
Dok: Arie K Untung

Pancasila dilambangkan dengan burung garuda, dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Pada perisai terdapat lima buah ruang yang mewujudkan dasar negara Pancasila.

Arie Kuncoro Untung justru menemukan hal yang berbeda. Artis ini menemukan sebuah garuda yang mirip seperti lambang Pancasila. Hanya saja perisai berisi khulafaur rasyidin dan pitanya bertuliskan "baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur".  Produser film fenomenal Alif Lam Mim itu pun bercerita.

"Kereeen nemu di sekolah anakku. Kaligrafi cantik yang kalau nggak salah 'mirip' konsep dasar lambang Garuda Pancasila yang disempurnakan Sultan Hamid II Pontianak," kata Arie melalui unggahan seminggu lalu, Kamis (1/6/2017)


Lambang garuda tersebut, lanjutnya, awalnya merupakan lambang negara Islam pertama dan terbesar di Indonesia Samudra Pasai di abad 13 dengan tameng 5 Sila yang berisi rukun islam, konsep ketuhanan yang ditanamkan para pahlawan pendahulu dalam bernegara sebagai bukti cinta tanah air seperti yang diajarkan dalam agama yang dikemukakan oleh Ibnu Battutah dalam bukunya Tuhfat al-Nazha. 

"So there's no way putting claimed "non NKRI" on people who has Allah on their hearts, I even love pancasila more than anybody else, do you?" katanya.

Unggahan Arie pun menuai pujian dari para pengikutnya.

"Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali. 4 Khalifah (khulafaurassyiddin) Keren bang," kata akun @hasby_ahmadi.

"Yes indeed.. We are pancasila since we were born.. as long as we believe in Allah, we r Pancasila. We ❤️ indonesia," kata akun @dika_ummualiyah.

"di gambar ini memang perisai tengah nya Khulafaur Rasyidin, captionnya mas Arie lebih menjelaskan tentang lambang samudera pasai yg mirip lambang Garuda. Perisai di tengahnya itu rukun Islam" kata akun komunitas @kopfi_id. [Paramuda/BersamaDakwah]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search