MUI Sarankan Jangan Pakai Kresek Hitam untuk Daging Kurban

- Agustus 31, 2017
Dok: PKS.id

Ketua Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam MUI Hayu S Prabowo mengimbau warga untuk tidak menggunakan kantong kresek hitam saat pembagian daging kurban. Ia menyebut kresek hitam mengandung karsinogenik yang menyebabkan kanker.

"Ada surat dari LHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) itu menyatakan bahwa itu karsinogenik, jadi bisa kena kanker itu. Jadi kita sarankan jangan gunakan plastik hitam," kata Hayu di Jakarta Selasa (29/8/2017) .


Penggunaan kresek hitam, sarannya, diganti plastik ramah lingkungan. Ia juga menyarankan akan lebih baik jika daun atau kertas digunakan sebagai pengganti plastik kresek.

"Kalau bisa pakai plastik ramah lingkungan, degredable plastic. Atau malah pakai daun saja. Bisa pakai daun pisang, daun jati, atau pakai kardus, atau pakai kantong kertas," ujarnya.

Sementara itu, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menilai penggunaan plastik di Indonesia sudah seperti kebutuhan dasar. Ditambah situasi yang mengkondisikan masyarakat untuk menggunakan plastik.

Kepala Departemen Kampanye Walhi Khalisah Khalid menilai pemerintah seharusnya membuat regulasi untuk mengatur peredaran plastik yang masif. Masyarakat sebagai konsumen, kata dia seperti dilansir Detik, tak bisa membendung penggunaan plastik bila tidak ada regulasi dari pemerintah.  [Paramuda/BersamaDakwah]

Kurban, Hewan Kurbanx

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search