Menteri Kemaritiman Nilai Tak Masalah Dolar Tembus Rp14.385

- Juni 29, 2018
Tempo.co

Pelemahan rupiah hingga mencapai Rp14.385 per USD dinilai Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bukan sesuatu masalah besar. Depresiasi rupiah menurutnya masih lebih baik dibandingkan mata uang negara lainnya.

"Tekanan itu (melemahnya rupiah) kan karena global. Dan kita lihat depresiasi rupiah ini masih lebih baik dibandingkan mata uang negara lain. Jadi enggak ada masalah," ujar Luhut di Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Bank Indonesia yang akan kembali menaikkan suku bunga acuan dinilainya bisa mendongkrak rupiah. Sebab, beberapa kebijakan Bank Indonesia bisa menstabilkan perekonomian Indonesia

"Saya kira BI akan menaikkan suku bunga dan saya kira ini akan menguat lagi. Kemarin BI sudah kasih tau akan lebih banyak lagi gelontorkan likuiditas di market, misal pembangunan rumah-rumah murah untuk rakayat sehingga ekonomi juga berputar," jelasnya.

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat di pasar spot ditutup merosot tajam hingga menyentuh level Rp14.385 per USD. Rupiah terperosok saat dolar AS melesat untuk mendekati posisi terbaiknya dalam satu tahun.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search